Kenapa Mas Aih Nge-Blog?

Setiap orang punya alasan tersendiri kenapa ia melakukan sesuatu yang jarang dilakukan oleh orang lain. Entah karena tidak mau mengikuti mainstream, upaya untuk memperbaiki kualitas diri, atau bisa saja sebagai usaha untuk menjadi pembeda antara dirinya dengan orang lain. Setiap orang punya alasan kenapa dia harus memilih, mengapa ia lebih memilih untuk melakukan hal ini bukan hal itu. Setiap orang punya alasan sendiri mengapa ia harus bahagia. Termasuk gue.

Nama gue Galih Hidayatullah. Saat ini berumur 19 tahun, ya meskipun beberapa bulan lagi juga udah mau memasuki kepala dua sih. Gue udah lumayan lama nge-blog. Mungkin dari 3 tahun yang lalu. Banyak blog yang pernah gue buat selama gue hidup. Tapi sejauh ini, cuma blog ini yang benar-benar gue urus, gue rawat, gue cintai, gue peluk-peluk sejak setahun yang lalu. (yah gimana ya namanya juga single, kan gak mungkin kalo meluk pacar orang?)

Kenapa gue nge-blog?
Pada awalnya, gue termasuk orang yang suka baca-baca. Mulai dari novel, kumpulan cerpen, fiksi, non fiksi, komik, sampai stensilan. #eh
Sampai suatu saat kebiasaan baca ini mencapai tahap nge-bacain blog orang. Sebut aja, bule juga manusia (si bule ngehe dari negeri seberang), Om Wimar Witoelar (kribo cerdas), Raditya Dika (dulu masih kambingjantan) dan banyak yang lain. Hampir setiap minggu kalo gue lagi di warnet, gue rajin update tulisannya mereka. Cuma buat baca dan itu bikin gue seneng.


Mulai dari situ, gue punya keinginan untuk nge-buat blog. Blog pertama gue


http://galihhidayatullah.blogspot.com/

Tapi isinya cuma tentang tulisan-tulisan aneh. Nulisnya juga masih gede kecil, aneh banget. Lebih banyak hasil copas-an dari artikel berita dan sebagainya. (ampuni aku Tuhan)
Saat ini gue nyesel, karena lupa password.
Jadi gue gak bisa make domain blogspot itu lagi. Huh.

Karena lupa email dan password, akhirnya gue bikin lagi blog baru.

http://ghalieum.blogspot.com/

Kenapa namanya ghalieum? Dulu gue anak IPA di SMA. Jadi segala hal yang berhubungan dengan gue, harus dihubung-hubungkan ke IPA, biar agak ilmiah. Konyol sih, tapi kalo jaman dulu yang kayak gitu tuh gaul. Nyahaha
Ghalieum itu dari Gallium. Salah satu unsur senyawa dalam pelajaran kimia yang punya nomor atom, 31.

Nah, blog ghalieum itu lah yang kemudian gue rawat. Dan sekarang bisa ada dihadapan kalian. Tahun 2011 kemaren, gue resmi memutuskan diri gue untuk nulis di blog. Dari semangat memutuskan itu juga akhirnya gue ubah lagi nama blog gue jadi catatan si aih dot blogspot dot com. Agak labil memang. PLAK!!!!


Kenapa gue bisa memutuskan untuk nulis di blog?
Sederhana aja sih, gue cuma pengen nulis.
Gue ingin apa yang ada di pikiran gue bisa diketahui oleh orang banyak.
Gue pengen mengenang perkembangan hidup gue suatu saat kelak.
Gue pengen jadi beda.
Gue gak mau kalo hidup cuma terlewat gitu aja.
Segala hal yang terjadi dalam hidup teramat sayang jika tidak diaksarakan.
Kalau menurut pepatah yunani sih, Scripta Manent Verba Volant.
Tulisan itu terkenang, sementara apa yang dilafalkan lisan akan terlupakan, hilang termakan zaman.

Menulis itu bikin gue bahagia. Gue bisa mengatakan apa yang tak terkatakan lewat lisan. Dari menulis gue bisa bikin orang tersenyum dan tertawa tanpa harus terlihat, bisa membuat orang haru dan menangis tanpa harus menatap lamat. Dari menulis gue bisa menginspirasi tanpa terlihat menggurui. Dari menulis gue bisa terkenang. Bukan sebagai orang yang hidup untuk terlupakan, namun sebagai orang yang terkenang karena tulisan.


Sering juga sih dapet pertanyaan dari temen-temen gue.
"Gal kenapa sih tulisan lu lebih banyak yang serius dari pada yang konyol?
Beda banget kalau ketemu..."

Gue mau kasih beberapa alasan.
1. Kelakuan konyol gue, semata-mata untuk mempercair suasana. Sudah terlalu basi basa-basi yang serius, sok dan sombong. Cuma dengan senyum dan tawa suasana bakal menjadi hangat. Tanpa harus ada perbedaan. Semua satu dalam kebahagiaan.
2. Kita gak pernah tahu, bisa saja ada seseorang di luar sana, di antara himpitan gedung ibukota, di dalam angkutan umum, di atas tempat tidur, di negeri jauh dari rumah kita, setelah capek seharian bekerja, lelah hadapi gebalau dunia, bingung linglung tak tahu mau berjalan kemana. Menjadi tersenyum, haru, memiliki asa dan harapan yang tiba-tiba membuncah, karena terinspirasi dari tulisan yang kita buat.

Gue menulis karena gue punya keyakinan bahwa tulisan itu dapat mengubah, menghibur, dan menemani.
Gue gak peduli tentang berapa banyak orang yang menilai suka atau tidak, berapa banyak yang berkomentar, juga berapa banyak orang yang berkunjung dan membaca tulisan gue.
Gue gak peduli seperti halnya ketidakpedulian gue terhadap perasaan ingin terkenal dan sebagainya.
Gue cuma mau menulis.
Karena dunia akan menjadi lebih baik, jika banyak orang yang pintar menulis.
Bukan hanya sekadar berbicara.


Hari ini gue memutuskan untuk terus menulis.
Hari ini gue memutuskan.
Nama blog gue berubah.
Gue akan make nama kecil gue.


Banyak pertimbangan sih.
Tapi, gue mau panggilan sayang si ummi itu bisa menjadi panggilan sayang juga buat gue dari kalian, pembaca blog gue :3


Terimakasih atas komentar positif.
Terimakasih udah mau mendukung gue untuk terus menulis.


"Tulis saja semua kata yang dikehendaki hati dan pikiran untuk dituangkan.
Perkaya diri bukan dengan sibuk gonjang-ganjing omongan membicarakan orang lain, melainkan rasa yang meluasi di perkataan juga perbuatan.."

18 komentar:

  1. Kok aku terharu ngebaca artikel ini? #eaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sedikit terharu membacanya..#bagian mana ya yang bikin terharu :D

      Hapus
  2. Hikmah yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah jangan manggil mas aih, soalnya nanti dikiranya sayang *eh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem, sebenarnya aku ingin komentar seperti ini. :)) Ternyata ada fase dimana seorang Galih menjadi alay. :P

      Hapus
  3. mas Aih..yes..aku jadi semangat terus utk nulis!!

    BalasHapus
  4. baca nama blognya gimana om? masa ih? #dikemplang :))

    BalasHapus
  5. untuk mempercair suasana? jadi suasana di blog mas Aih beku gitu? #eh

    BalasHapus
  6. jangan berenti nulis ya mas Aih... :)
    artikel2 nya menginspirasi kok...
    "Gue pengen mengenang perkembangan hidup gue suatu saat kelak."<===SAMAAN MAS... :D

    BalasHapus
  7. yeah, the way of blogger :D
    blog pertama gue kebanyakan copasannya, sekarang gue udah sadar dan udah gue bunuh pake mouse gue sendiri.. semoga bisa menebus dosa XD

    BalasHapus
  8. buat saya...Tuliskan apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yg telah dituliskan..so harus dipadupadankan..menulis sama pentingnya dgn action..

    sukses terus buat bro galih

    BalasHapus
  9. yang niatnya nulis mas aih dot blogspot dot com.
    alhasil gue bacanya malah masa ih dot blogspot dot com. :D

    BalasHapus
  10. Blog gua yang ini ada beberapa yang saduran (bukan copas, jadi gua translate dari artikel versi Inggris).

    Setuju sama Shinta, gua jadi bacanya masa ih .__.
    #saran kenapa ga bikin jadi mas-aih [dot] blogspot [com] XP

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuja nih mas aih sama saran bang Farid..
      soalnya pertama kali baca gue nangkepnya malah "masa ih" sama sambung "masaih" .. -___-

      Hapus
  11. Jiah ni anak ganti domain lagi.. :)) gue adalah salah satu yang terinspirasi.. #Okesip

    BalasHapus
  12. setuju! menulis itu emang bisa bikin kita bahagia.
    ngeblog karena ingin beda. sama dong :)

    BalasHapus
  13. Wah udah lama juga ya mas Aih, hehe :D
    Dengan menulis, kamu bisa menorehkan catatan sejarahmu sendiri, di sini :)
    keep inspiring kak :D

    BalasHapus

Kategori Utama