Andai Gue Punya Duit Segudang

Cuma mau quickpost aja.
Nyuri-nyuri nulis sesambil bikin laporan keuangan kegiatan BUMN Peduli yang masih gue jalanin hampir dua minggu kemarin. Kalo belum tahu, baca ini aja dulu (disini)
 



Saat ini gue lagi ngelamun. Kalian juga pasti pernah ngelamun kan? Kalo ada yang belum tahu ngelamun itu apa, baik sejenak akan gue paparkan apa pengertian ngelamun. Ngelamun itu terdiri dari 8 huruf.

N.G.E.L.A.M.U.N

Secara harfiah, ngelamun bisa diartikan sebagai = Nyi Gusti Erniasih Lamanda Makannya Udang Nigeria. (apa sih?) #plak
 



Pokoknya ngelamun itu suatu kegiatan dimana saat itu tatapan mata kalian kosong, mulut agak mangap sekitar 4 cm, air liur ngeces, dan pikiran kemana-mana. (kok jadi agak mirip sama mupeng ya?). Ah, ya pokoknya begitu deh. Gue juga gak tahu kenapa namanya harus ngelamun, kenapa gak ngeluman, ngemulan, ngemalun? Yasudahlah, daripada gue pusing bagaimana harus menjelaskan apa itu ngelamun, jadi lebih baik kita ikuti saja apa yang sudah kita pahami dari kecil dulu. (Lu nya aja kali Mas Aih yang ribet, kan orang-orang juga udah pada tahu kali) *kemudian diiket diatas monas*

Nah, ngelamun ini mungkin kalian juga udah pada sering yah ngelakuin? Mulai dari ngelamunin jorok, ngelamunin pacar, ngelamunin mantan, ngelamunin ibu kostan atau mungkin ngelamunin besok siang mau makan apa. Setiap orang pasti pernah ngelamun. Termasuk gue.
*terus gue harus naik odong-odong sampe ke gunung salak gitu?* 



Saat ini gue lagi ngelamun, bagaimana seandainya gue didatengin Jin dari lampu ajaibnya Ultraman. Terus dia ngasih gue kesempatan untuk memiliki uang sebanyak apapun yang gue mau. Bah . . . . Baru berpikir mau punya duit berapa banyak, pas gue melek tiba-tiba udah ada duit di hadapan gue.

Nng, Ada yang mau jadi pacar Mas Aih gak?

Seandainya gue punya duit banyak. Berikut list kebahagiaan yang bakal gue  beli dengan uang gue.
1. Pendidikan, gue mau sekolah tinggi. Biar pinter. Biar dengan kecerdasan gue, gue bisa minterin orang lain. (baca : membodohi orang lain)
2. Kendaraan, gue mau punya mobil atau motor gede, biar kalo jalan sama pacar gak usah susah-susah ngerental becak tetangga. Tinggal tancap gas, langsung ngaciiiiiir.
3. Rumah, kalo gue punya rumah, gue gak perlu lagi numpang dari satu kostan ke kostan yang lain, dari 1 temen ke 30 temen yang lain hanya agar gue hemat uang selama sebulan. Gue hanya tinggal hidup, lalu pulang dengan senyuman ke rumah gue pribadi.
4. Ngebeli apapun yang pas gue lihat menarik buat dibeli. Baaaaah, mantap kali kalo cuma tinggal tunjuk terus bayar!!!

Lagi asyik-asyiknya ngelamun, tiba-tiba tahi cicak jatuh tepat di depan hidung gue. Seketika gue berpikir. "Ya, ternyata uang cuma sekedar kotoran cicak. Hanya orang serakah, bodoh dan gak tahu ilmunya yang berpikir bahwa uang adalah segalanya. Sungguh sedih dan konyol kalo kita berpikir bahwa uang bisa membeli kebahagiaan. Nyatanya, apa yang kita inginkan dari uang hanyalah sebuah partitur kesenangan semu. Hari ini bahagia, esok atau lusa tiba-tiba amnesia, telah lupa bagaimana rasa senang yang kemarin sempat terasa. Berbeda halnya dengan sesuatu yang kita hasilkan dari kerja keras. Uang yang ada, sedikit atau pun banyak kita akan menjadi lebih bijak dalam menggunakannya. Berbagi, memberi, menyedekahkan harta yang ada kepada sesama. Bukan lagi tentang seberapa banyak uang yang ada, melainkan seberapa bermanfaat hasil yang tercipta dari uang yang kita punya. Kebahagiaan diri, kebahagiaan keluarga, kebahagiaan sesama. Maka, berhentilah terlalu men-dewa-kan uang. Karena sejatinya, uang hanyalah berfungsi sebagai alat penukar kebutuhan, bukan kebahagiaan..."

____________
ps : Catatan ini dibuat bukan bermaksud agar kita berhenti mencari harta ataupun uang. Melainkan semacam pengingat tentang bagaimana cara kita mengambil sikap dalam memanfaatkan uang yang kita miliki agar menghasilkan kebermanfaatan yang lebih besar. Hari ini terasa bahagia, esok, lusa dan seterusnya akan membuat kita tersenyum kembali tatkala mengingatnya. Karena berbagi, tetaplah yang terbaik.

37 komentar:

  1. itu yang biru di foto duit semua? O.O *mata langsung ijo*

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwk,,, kesian banget lu bang. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Kampret, posenya kaya om om cari abg #salahfokus

    Dan kenapa nama lo harus jadi Mas Aih? Kenapa gak Mang Aih? #gagalpaham

    BalasHapus
  4. Setuja MAz Aih
    Uang memang segalanya..
    tetapi kebahagiaan lebih dari segalanya dan kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang :D

    BalasHapus
  5. kalo aku punya duit banyak, aku mau beli planet bumi, "loh

    BalasHapus
  6. kalo saya punya banyak uang hal pertama yg sy lakuin ngebuat sekolah gratis buat anak2 kurang mampu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aminkan yah. Semoga menjadi semacam doa :)

      Hapus
  7. hal yang pertama gue lakuin pasti pendidikan lih. so uang akan habis tapi ilmu gak akan ada habisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, cerdas.
      Makanya gue taro di nomor satu itu pendidikan :)

      Hapus
  8. bang bagi duitnya boleh?._. #Salah

    BalasHapus
  9. itu duit asli ? #tetepsalahfokus
    kalo pose sama duit jadi tambah seksi yah, haha xD

    BalasHapus
  10. Pikir aja itu uang juga asalnya dari milik orang lain, jadi harus kasih ke orang lain lagi. Get, it?
    #halah

    BalasHapus
  11. hmmm.. cuma mau ngomong, klo gue punya duit segudang, gue mau bkin rumah gueeeeede buat mama-papa-dedek-gue, bahkan kalo bisa semua keluarga gue *?*, terus.. mau ngebantu org2 miskin *sokalim

    itu duit asli ya? jleeeb banyak buanget!

    BalasHapus
  12. intinya uang banyak untuk mengarantina cicak2 yang seliweran biar nggak p*p sembarangan :)

    BalasHapus
  13. Uang emang bukan segalanya..
    Tapi kita bisa berbuat apa aja dengan uang terutama bantuin orang2 yang susah n perlu uang.. :-)
    Makanya masing2 kita harus jadi orang kaya.. hehe

    "Karena berbagi, tetaplah yang terbaik."
    saia suka kata2 ini..
    *so(k)sialsekaliiii.. :D
    #abaikanhurufdalemkurung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang di share di twitter dan jadi bahan bully-an kemarin yah ? #eh

      Hapus
    2. Jangan dibahas disini juga kali rit -__-

      Hapus
  14. setuju sama semua kata2 kamu btw itu duit asli mas semuanya? duit siapa? :o

    BalasHapus
  15. dua biji juga boleh sob..hehe

    BalasHapus
  16. Mas Aih bagi dun duitnya :D
    eh traktir aj deh hihihihih :3

    Selamat yaaaaaa dapet hadiah cepecial dari Ca Ya...cek blog eike ajah :D

    BalasHapus
  17. bingung deh mau komentar apa...
    belom pernah ngerasain punya duit banyak.. :'(
    tapi,kalo suatu saat Allah titipin ika duit yang banyak,semoga bisa ika manfaatkan dengan bijak...amin :)

    BalasHapus
  18. investasi...

    ke bank ato bikin usaha saja.. :D

    BalasHapus

Kategori Utama