Ibuku Seorang Kuli Cuci

Pernah, suatu petang ummi pulang dengan tangan berdarah, “Tergilas batu, aih. Sewaktu keasyikan menggilas baju”, terang ummi sambil tersenyum. Aku tersentak diam. Tanpa banyak kata, kuambilkan betadine untuk membersihkan lukanya. Sempat terusik batin dengan pertanyaan: “Tuhan, adakah ia letih?”

Ibuku bernama Upit Supiati. Sejak kecil aku biasa menyapanya dengan sebutan ummi. Tak banyak kata yang bisa menggambarkan betapa hebat sosoknya di mataku. Begitu banyak cinta, kasih, sayang, juga ilmu kehidupan yang beliau berikan dan ajarkan kepadaku. Dalam suatu kesempatan ummi pernah berkata, “Aih, dengarkan ini baik-baik. Kasih sayang Tuhan terkadang datang menemui kita dengan topeng berbentuk rasa sakit, kesedihan, kecewa juga luka. Jangan takut! Tersenyumlah! Temui ia dengan dada yang lapang, kebesaran hati, kesabaran dan selaksa rasa syukur. Maka, lihatlah ! Perlahan ia akan memelukmu dengan bentuk aslinya.” Entah, dari mana ummi mendapatkan kata sehebat itu, yang pasti kalimat itu selalu terngiang dalam hati, menguatkanku ketika hidup menawarkan getir tanpa henti.

Suatu malam, aku terjaga. Aku menyaksikan ummi khusyuk bersimpuh di atas sajadah usangnya. Sayup-sayup kudengar satu-satu nama kami disebut. Bulir bening perlahan jatuh seiring senandung doa yang ummi lafalkan. Ummi menangis menghamba, mengharapkan Tuhan menjaga dan membimbing kami hingga menjadi orang yang senantiasa membuat ummi tersenyum bangga karena pernah melahirkan kami.


Selepas kumandang subuh, ummi membangunkan kami. Sementara kami shalat, ummi menyiapkan peralatan khususnya, sikat dan sabun colek. Melanjutkan sisa cucian yang sehari sebelumnya tak sempat terselesaikan.
Ummiku adalah seorang kuli cuci. Menawarkan jasanya kepada para santri yang mondok di daerah sekitar tempat tinggalku. Tak pernah kudengar ia mengeluh meski teramat penuh badannya dengan peluh. Keseharian ummi selalu terlibat dengan pakaian, pagi mencuci, siang menjemur, dan malam adalah waktunya untuk menggosok pakaian. Satu pertanyaanku kala itu, “Tuhan, kapankah ia terlelap?”

Ada satu kesempatan lain yang membuatku tak mungkin melupakan kejadian itu. Suatu ketika yang membuatmu ummi marah. Kala itu aku memaksa ummi untuk meminjam uang kepada tetangga agar aku bisa membeli sepeda. “Mi, ayo dong pinjemin ke bu haji, kurang dua ratus ribu lagi nih. Kalo ada sepeda kan aih kuliah gak usah ngongkos lagi.”, ucapku. Dengan sebal ummi kemudian memotong pembicaraanku, “Dengerin ya ih, biarlah kita tak mampu beli sepeda. Biarlah pula aih harus ke kampus jalan kaki, asal keluarga kita tak punya hutang. Emang, aih bisa jamin bahwa ketika sepeda sudah mampu terbeli, umur ummi masih ada? Hutang itu berat, ih. Ia yang akan mengganjal kita untuk naik ke atas langit. Emang aih tega ngebayangin ummi terombang-ambing diantara langit dan bumi? Sudahlah, sabar sedikit, Insya Allah kita akan dapat rezeki untuk beli sepeda.” Seketika aku diam, tersedak. Tak mampu melanjutkan percakapan.

Dalam lemah rapuhnya, tak pernah sekalipun ummi menyesalkan keadaan yang dianugerahkan Tuhan, “Tak apa aih, ini bentuk kasih sayang Allah. Kenyataan bahwa kita masih mampu untuk tersenyum itu jauh lebih hebat dari sekedar kegetiran hidup yang kita rasakan.”, ucap ummi menguatkan. Aku tak tahu perihal apa yang membuat ummi menjadi sosok yang begitu tegar serupa karang juga begitu lembut seperti bulu angsa ketika ia memberi perhatian kepada kami, anak-anaknya. Pernah, suatu kali ummi bertanya khawatir tentang keadaan tetangga kepadaku, “Aih, punya temen yang butuh tukang kebun gak? Kasihan tuh uwak Japat, sudah gak kerja lagi.” Padahal aku tahu, ketika itu justru keadaan keluargaku-lah yang sebenarnya butuh perhatian dari orang lain. Hatiku bergetar. Satu pertanyaanku ketika itu : “Tuhan, adakah ia pernah berkesah?”
----------------
Kini, setelah begitu panjang perjalanan hidup yang ia susuri. Setelah begitu banyak rinai tangis dan butir doa yang ia panjatkan kepada keharibaan Tuhan. Tak akan aku bertanya lagi apakah ummi lelah. Karena aku yakin dan percaya. Dan aku teramat tahu: UMMIKU TANGGUH!!!


PS:

“Bersyukurlah bagi kalian yang masih bisa memandang riang wajah malaikat tanpa sayapmu, sebab Tuhan masih percaya bahwa kalian akan mampu membuatnya menangis haru karena bahagia telah sempat melahirkanmu.”
“Bersyukurlah bagi kalian yang telah ditinggalkan malaikat tanpa sayapmu, sebab itulah cara terbaik dari Tuhan untuk memberi kebahagiaan abadi bagi ibumu. Surga yang mengalir sungai di bawahnya.”

Untukmu :
Segera!
Rengkuh.
Peluk.
Cium.
Tatap.
Dan katakan:

“AKU SAYANG IBU”



50 komentar:

  1. *meleleh*
    ga bisa berkata apa-apa kalo udah menyangkut soal ibu

    BalasHapus
  2. Terimakasih kakak sudah mampir :)

    Semoga dapat menjadi pengingat bahwa tak ada satu pun manusia yang lebih mengerti dan rela berkorban apapun demi kita selain malaikat tanpa sayap itu, ibu.

    BalasHapus
  3. Terimakasih sudah mampir.
    Salam rekat erat, sahabat jiwa :)

    BalasHapus
  4. ibu ... tiga kata tak ternilai harganya ... :)

    BalasHapus
  5. @Fani : Segera!
    Rengkuh.
    Peluk.
    Cium.
    Tatap.
    Dan katakan:
    “AKU SAYANG IBU”

    Mom = awesome

    BalasHapus
  6. aku jg syg ibu :(((((
    gbsa n ga than klo liat ibu sdih :(((

    nice post kawand kancut :)

    BalasHapus
  7. bagus. terharu :(
    ini kisah nyatamu?
    ibu adalah anugerah terindah yang tak bisa tergantikan oleh apapun. begitupun dengan ayah.

    BalasHapus
  8. Ya Allah... Postingannya ini... Keren..

    BalasHapus
  9. iya..
    ini fakta, cerita kehidupan tentang ummiku..

    terimaksih sudah menyempatkan mampir.
    mohon bimbingannya kakaks :)

    BalasHapus
  10. "Aku sayang ibu" <-- kalo udah keluar kata2 ini, udah gak berkutik lagi ^_^ ceritanya menyentuh banget :)

    BalasHapus
  11. terimakasih bang BasithKA

    Salam Kancut :D

    BalasHapus
  12. Tetap semangat kawan.. Terima kasih telah mengingatkan lagi.. Penulisannya keren.. :)

    BalasHapus
  13. terimakasih sudah menyempatkan mampir kakaks.
    main ke catatan yang lain yah :)

    BalasHapus
  14. terhsruuuuuuuuuuu
    bacanys meleleh....

    sujud ibuuu....

    BalasHapus
  15. aaaa Aku sayang Aihhh eh maksudnya sayang mamah xP
    sumpah ini orang kaya muter 360 derajat, kemaren post yg kopdar bikin ngakak pake banget, tiba2 jadi puitis gini bahasanya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang, kita memang diharuskan untuk pandai dalam menyesuaikan diri :')

      Hapus
  16. Kalo aku ucapkan langsung dengan lisan aku ga bisa #mungkinakutakut maka aku selalu sampaikan itu pada allah sebagai penyalurnya heuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ucapan langsung melalui lisan adalah cara terbaik dalam mengungapkan rasa sayang :)

      Hapus
  17. Aihhhhhh....
    Selamat Kamu udah bikin aku tambah dan semakin terkena sindrome Homesick...

    *Nangis di Kos*...
    :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafkan aku nona :')
      Semoga ibumu selalu dalam perlindungan Tuhan.

      Hapus
  18. Emak gue kemaren ke jakarta, sempet kesel gimana gitu.. Eh pas pulang ke batam lg, nyesel nya berasa...

    BalasHapus
  19. :'D demendah postingan yang beginian

    BalasHapus
  20. aiiiihh,,, minta tissue -_____-"
    emak gue juga setia bolak balik Tasik-Bogor buat nemenin gue dikosan, karena emang gak mau anaknya telat makan.. :(

    BalasHapus
  21. *termenung*
    gara-gara baca ini gue jadi inget kalo udah lama gk nelfon mama untuk sekedar nanya apa kabar dan bilang aku sayang dia.

    makasih galih (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Om Yono. Semoga menjadi semacam pengingat :)

      Hapus
  22. setitik air mengalir menjadi aliran haru daram renunganku. terima kasih untuk pelajaran dari postblogg ini kak aihhh.. mom is my hero \:D/

    BalasHapus
  23. *ambil saputangan*
    galih mama nya hebat, mau berjuang terus buat mama nya.
    jadi inget mama juga :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamahmu pun pasti hebat.
      So, make her proud of you :)

      Hapus
  24. Perempuan Itu ... Sesuatu :)

    BalasHapus
  25. ahh.. harus coment apa lg?? :(
    aku ni kadang suka nyusahin umi sampe skg diumur yg kek gini pasti kemana2 umi harus ikut nemenin. kadang aku protes krna umi terlalu mengprotektif waktuku diluar tapi dia selalu blg "kalo bkn umi yg lakuin seperti ini lalu siapa lg ai?"
    kalo umi da ngomongnya agak sedih gtu ahh..mulai deh cenggengku keluar.

    ah.. yg namanya menjadi seorang ibu itu adalah pekerjaan yang paling tinggi kedudukannya karena ngk akan ada pemimpin hebat bila dia nggk dibesarkan dari tgn hebat ibunya.

    nice post bang..
    moga umi bang aih sehat terus dan barokah untuk hidup dan keluarganya. amin

    BalasHapus
  26. Salam hangat untuk semua Ibu Tangguh..

    *tears up depan lepi..
    Semoga Ummi di sana baik-baik saja

    BalasHapus
  27. mamaaaaaa ... T_T
    andai ia ada di sini..

    BalasHapus
  28. aku speechless ..
    menyetujui setiap katamu :D

    BalasHapus
  29. jauh dari kenyataan ibu gue :') .. beruntunglah kalian punya sosok ibu yg bisa memberikan kasih sayang yg tulus walau tanpa uang

    BalasHapus
  30. Terharu :'(
    Umminya mas aih begitu ikhlas dan banyak mikirin orang lain ketimbang kepentingan pribadinya.. Mirip ayahku..
    Semoga dilimpahkan rezeki nantinya oleh Allah :')

    BalasHapus
  31. Ngomong "Aku sayang ibu" kayaknya emang susah ya, tapi sebelum terlambat, pengen ngomong ke ibu :')

    BalasHapus
  32. Baca cerita ini jadi kangen banget sama ibu nan jauh di sana,ga sabar ingin cepat2 siap ujian dan pulang

    BalasHapus
  33. Ingin rasanya peluk ibu sekarang :(

    BalasHapus
  34. Menetes mas :'( baca nya

    Saat ini ibu adlh satu2 nya org tua yg sy miliki mas

    Saya ga mau khlangan ksempatan untuk mmbhagiakan nya .

    BalasHapus
  35. Waduh mas, saya sudah ditinggal ibu sejak TK. Sekarang cuma bisa berbakti sama bapa saya. :')

    BalasHapus
  36. UNTUK IBU

    Hal apa yang bisa menggambarkan sosok mulia ini
    Kata apa yang dapat mengungkapkan sosok tabah ini
    Rasa apa yang dapat menciptakan cintanya kepada buah hati

    Ibuku yang bernilai harganya, ibuku yang tak ada tandingannya
    Ibuku yang hanya ada 1 di dunia

    Wanita yang tercipta dengan ketegaran, kesabaran dan kekuatan
    Yang terlihat tangguh didepan
    Wanita yang tak pernah lelah dan tidak mudah menyerah
    Yang terlihat kokoh dengan tabah

    Aku mencintaimu IBU walau tak sebesar cintamu kepadaku

    Keren mas postingannya :') tapi malu buat ngomong langsung ke ibu

    BalasHapus

Kategori Utama